Respect The Planet Earth

Berkelana ke Negeri Seberang

  • KKL BROMO - BALI
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Kabupaten Pangandaran
  • Kabupaten Pangandaran
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Observasi Lapangan
  • Geo Track
  • Geo Track
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Touring Garut
  • Touring Garut
  • KKL Dieng - Cilacap
  • KKL Dieng - Cilacap
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Lembang - Bandung
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Karangsambung
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • Wisata Religi Cirebon
  • Wisata Religi Cirebon
  • Studi Obsevasi Wisata Adat & Budaya
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Rekreasi - MTs Mathlab
  • Rekreasi - MTs Mathlab
  • MTs Mathlabussa'adah
  • MTs Mathlabussa'adah
  • Bandung
Selasa, 01 Januari 2013

Para Nabi & Sahabatnya

Sekelumit Perasaan dari Penulis

Ketika kita mengidolakan artis-artis pujaan yang menginspirasi kita kedalam hal-hal yang membuat kita ingin menjadi sosok yang di idolakan. Menjadikan kita bahagia menuruti sosok mereka, mulai dari gaya rambut, gaya berpakaian, tutur kata atau berbicara, bahkan sampai ke tingkah laku yang ingin sama persis, kita merasa bahagia dan senang bukan??tentu jawabannya pasti benar demikian. Berikut contoh kegilaan fans terhadap idolanya lewat surat kabar elektronik yang sempat saya baca sumber yahoo.com "
KAPANLAGI.COM - Kharisma vokalis Noah, Nazriel Ilham tidak dapat dipungkiri. Pesonanya membuat para penggemarnya, terutama para perempuan berusaha memeluk dan mencium sang idola.
Hal ini terjadi juga, saat Noah mengisi acara musik Dahsyat di Studio 6 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (30/12) pagi.
Ariel, Lukman, Reza dan Uki yang menyapa penggemarnya di luar Studio 6 usai mengisi acara, langsung disambut ratusan fans yang setia menunggu di luar studio.
Tak lama Ariel, Reza, Uki dan Lukman keluar Studio. Seorang sahabat Noah yang diketahui bernama Sri asal Cilegon langsung menerobos barisan pengamanan dan memeluk serta mencium Ariel. Tak lama, Sri langsung ditarik pihak keamanan.
Ditemui seusai acara Dahsyat, Sri yang datang sejak pukul 06.00 WIB, mengaku senang bisa memeluk dan mencium idolanya itu. Namun dia merasa belum puas. Walaupun aksinya itu merupakan ciuman kali ketiga bagi Sri untuk Ariel. Dia sebelumnya juga pernah melakukan hal yang sama di lain lokasi.
"Seneng banget bisa cium dan peluk Ariel. Ini udah tiga kali aku bisa begini. Kayanya kalau sekarang aku nggak bisa tidur deh habis cium dan peluk Ariel. Sebelumnya aku temuin di Bandung. Tapi kalau sekarang belum puas, soalnya ga bisa ngobrol," ujar Sri.
Perjuangan Sri untuk bertemu Ariel belum usai. Ia pun berencana menyambangi rumah Ariel di Bandung saat lebaran tahun depan."Aku punya rencana ke Bandung nyamperin dia pas lebaran," pungkas Sri. (kpl/pur/dar)".

Namun pernahkah kita merasakan atau tahu ada yang lebih membahagiaan dari idola yang belum pernah kalian temui belum pernah kalian lihat, namun perjuangan dan hasilnya amat sangat kita rasakan sampai saat ini, tahu itu apa dan siapa??.
Itu ialah Iman dan Islam yang ada dalam akhlak dari rosululloh dan para sahabat. Di Negara kita Indonesia ialah negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, namun islam yang seperti apa yang mereka anut?Islam KTP mungkin saja, karena banyak dari diri mereka yang tidak melaksanakan ajaran agama yang mereka anut. Seperti yang kita idam-idamkan selama ini bahwa kebahagiaanlah yang amat kita inginkan, namun tidak hanya kebahagiaan dunia, akhiratpun ingin sama bukan?. Sekarang mari kita membanding-bandingkan idola dunia seperti halnya artis dalam maupun luar negeri yang sangat kalian idolakan sperti yang saya utarakan di atas tadi (dalam hal ini artis yang memiliki kepribadian kebarat-baratan dan yang tidak memeluk agama islam), apakah mereka itu nantinya akan membuat kita selamat di akhirat kelak, apakah dengan menuruti akhlak mereka kita akan masuk surga dan di selamatkan dari siksa api neraka?. Tentunya kalian pasti tahu jawabannya, kalian pasti tahu tentang agama yang kalian pilih bagaimana aturan-aturan atau norma-norma dalam agama, itupun kalau kalian mendalami ISLAM itu sendiri, bukan sekedar Islam KTP yang seperti saya bilang tadi. Maka dari itu saya merasa prihatin dan sedih dengan keadaan Indonesia pada saat ini yang dijajah oleh ketidaktahuan mereka terhadap agama yang mereka anut di intimidasi oleh majunya teknologi tanpa di filter dengan Iman dan Islam dan akibatnya banyak dari mereka yang berakhak seperti hewan, bukan begitu?, contoh kecilnya; seorang ibu yang tega membunuh anaknya sendiri, anak yang membunuh orang tua, perkosaan, perampokan dan masih banyak lagi. Para pembaca yang budiman tadi merupakan sekelumit perasaan dan kondisi Indonesia pada saat ini.
Tahukah kita bahwa satu sosok dan patut kita teladani dari ialah Rasul kita dan Para Sahabat, walaupun mereka telah tiada, namun nikmat Iman dan Islam yang mereka junjung pada masanya, masih kita rasakan sampai saat ini, walaupun orang yang masih awan agama sekalipun, mereka tetap senang dan bahagia. Apalagi mereka-mereka yang taat dan mengidolakan sosok Rosul dan Shabatnya pastinya akan lebih bahagia lagi daripada yang awam, bukan begitu?
Jika kalian interest/tertarik dengan tulisan ini, maka lanjutkan ya membacanya insya allah barokah.
 
Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan dan kebesaran Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya. Ciri-ciri mereka dikemukakan dalam Al-Qur’an,

"... ialah orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan." (Q.S. Al Ahzab : 39).

Perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah : seorang Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT guna disampaikan kepada segenap umatnya. Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil, serta satu sifat jaiz, yaitu :

1.Shiddiq (benar), Mustahil ia Kizib (dusta).
2.Amanah (dapat dipercaya), mustahil Khianat (curang).
3.Tabliqh (Menyampaikan wahyu kepada umatnya), Mustahil Kitman (menyembunyikan Wahyu).
4.Fathonah (Pandai/cerdas), Mustahil Jahlun (Bodoh).
5.Bersifat jaiz yaitu Aradhul Basyariyah (sifat-sifat sebagaimana manusia).

Di dunia ini telah banyak Nabi dan Rasul telah diturunkan, tetapi yang wajib diketahui oleh umat Islam adalah sebanyak 25 Nabi dan Rasul, yaitu :

1. Nabi Adam as
2. Nabi Idris as
3. Nabi Nuh as
4. Nabi Huud as
5. Nabi Shaleh as
6. Nabi Ibrahim as
7. Nabi Ismail as
8. Nabi Luth as
9. Nabi Ishaq as
10. Nabi Ya’qub as
11. Nabi Yusuf as
12. Nabi Syu’aib as
13. Nabi Ayyub as
14. Nabi Dzulkifli as
15. Nabi Musa as
16. Nabi Harun as
17. Nabi Daud as
18. Nabi Sulaiman as
19. Nabi Ilyas as
20. Nabi Ilyasa as
21. Nabi Yunus as
22. Nabi Zakaria as
23. Nabi Yahya as
24. Nabi Isa as
25. Nabi Muhammad saw 

Beberapa Sahabat Rosul Muhammad SAW
  1. Abbad ibn Bishr
  2. Abdullah ibn Abbas
  3. Abdullah ibn Amru
  4. Abdullah ibn Hudhafah As-Sahmi
  5. Abdullah ibn Jahsy
  6. Abdullah ibn Mas'ud
  7. Abdullah ibn Rawahah
  8. Abdullah ibn Salam
  9. Abdullah ibn Umar
  10. Abdullah ibn Umm Maktum
  11. Abdullah ibn Zubair
  12. Abdur Rahman ibn Auf
  13. Abu Ayyub al-Ansari
  14. Abu Dzar al-Ghifari
  15. Abu Musa Al-Asya'ari
  16. Abu Hurairah
  17. Abu Said Al-Khudri
  18. Abu Sufyan ibn Al-Harits
  19. Abu Ubaidah Al-Jarrah
  20. Abu Darda'
  21. Abul As ibn ar-Rabiah
  22. Adi ibn Hatim
  23. Ammar ibn Yasir
  24. Amru Al-Ash
  25. Amr ibn Jamuh
  26. Anas ibn Malik al-Ansari
  27. An-Nuayman bin Amr
  28. At-Tufail ibn Amr ad-Dawsi
  29. Aqil ibn Abi Thalib
  30. Asma binti Abu Bakar
  31. Barakah
  32. Bara' ibn Malik al-Ansari
  33. Bilal bin Rabah
  34. Fairuz Ad-Dailami
  35. Habib ibn Zaid al-Ansari
  36. Hanzalah ibn Abu Umayr
  37. Hajar ibn Adi
  38. Hakim ibn Hazm
  39. Hamzah bin Abdul Muttalib
  40. Harits ibn Abdul Muthalib
  41. Huzaifah Al-Yamani
  42. Ikrimah ibn Abu Jahal
  43. Ja'afar ibn Abi Thalib
  44. Julaibib
  45. Khabbab ibn al-Aratt
  46. Khalid bin al-Walid
  47. Miqdad Al-Aswad
  48. Muaz ibn Jabal
  49. Muawiyah ibn Abu Sufyan
  50. Muhammad ibn Maslamah
  51. Mus'ab ibn Umair
  52. Nu'man ibn Muqarrin
  53. Nu'man ibn Basyir
  54. Nuaim ibn Mas'ud
  55. Rabiah bin Ka'ab
  56. Ramlah binti Abu Sufyan
  57. Rumaysa binti Milhan
  58. Sa'ad ibn Abi Waqqas
  59. Sa'ad bin Ubadah
  60. Sa'ad ibn Muaz
  61. Said ibn Amir al-Jumahi
  62. Said ibn Zayd
  63. Salim Maula Abi Huzaifah
  64. Salman Al-Farisi
  65. Suhaib Ar-Rumi
  66. Suhail ibn Amr
  67. Talhah ibn Ubaidillah
  68. Thabit ibn Qais
  69. Thumamah ibn Uthal
  70. Ubaidah al-Harits
  71. Ubay ibn Ka'ab
  72. Umair ibn Sa'ad al-Ansari
  73. Umair ibn Wahab
  74. Umar Al-Khattab
  75. Ummu Salamah
  76. Uqbah ibn Amir
  77. Usamah ibn Zaid
  78. Utbah ibn Ghazwan
  79. Uwais Al-Qarni
  80. Zayd ibn Khatab
  81. Zaid ibn Harithah
  82. Zaid ibn Thabit
  83. Zubair ibn Awwam
Ada 3 syarat yang wajib yang perlu diambilkira sebelum seseorang itu layak digelar sebagai sahabat nabi yaitu, seseorang yang hidup di zaman baginda dan bersua muka atau mendengar suara baginda (karena terdapat beberapa sahabat baginda yang buta). Kedua mereka yang beriman dengan baginda yaitu mereka yang percaya dengan kenabian baginda. Yang terakhir adalah mereka yang mati di dalam islam.

Postingan kali ini saya cukupkan sekian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para pembaca yang budiman. Berjumpa lagi di kesempatan yang lain. Postingan selanjutnya insya allah kita akan berkenalan dengan akhlak para nabi dan rosul serta para sahabat rosul.

0 komentar:

Posting Komentar

Wilujeng Sumping

 
;
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Sederhana Ini, Semoga Berkenan dan Ada Manfaatnya, bagi yang mau memasang iklan produknya di blog saya ini silahkan hubungi no HP : 085223419416, Terima Kasih dan Salam Kebahagiaan Dari Saya :)