Respect The Planet Earth

Berkelana ke Negeri Seberang

  • KKL BROMO - BALI
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Kabupaten Pangandaran
  • Kabupaten Pangandaran
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Observasi Lapangan
  • Geo Track
  • Geo Track
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Touring Garut
  • Touring Garut
  • KKL Dieng - Cilacap
  • KKL Dieng - Cilacap
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Lembang - Bandung
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Karangsambung
  • KKL Bromo - Bali
  • KKL Bromo - Bali
  • Wisata Religi Cirebon
  • Wisata Religi Cirebon
  • Studi Obsevasi Wisata Adat & Budaya
  • KKL Dieng - Cilacap
  • Rekreasi - MTs Mathlab
  • Rekreasi - MTs Mathlab
  • MTs Mathlabussa'adah
  • MTs Mathlabussa'adah
  • Bandung
Rabu, 15 Maret 2017

Teknologi

Bismillahirrohmaanirrohiim
Assalaamuaalaikum Wr. Wb.

Selamat pagi para pembaca yg budiman, semoga para pembaca sedang dan selalu dalam keadaan sehat walaafiat. Aamiin.
Seperti biasa perkenankanlah saya untuk memberikan tulisan singkat tuk nantinya dibaca oleh para pembaca sebagai teman beraktivitas, bersantai di depan meja sembari menyereput kopi khas Indonesia. Hanya 5 menit saja sempatkanlah untuk membaca tulisan saya ini. Syukron

Saya akan mengambil topik tentang Teknologi
Para pembaca mungkin sudah pada mafhum dan kenal soal teknologi. Sayapun nulis di blog ini pakai teknologi, kalau tidak pakai itu mungkin para pembaca saat ini tidak bisa membaca tulisan saya, tidak akan tahu FB, Twitter, Blogger, WA, Youtube dll. Tentunya banyak sekali manfaat dari teknologi, menurut definisi saya teknologi ialah suatu hal yg dapat memudahkan aktivitas kerja manusia lebih efektif dan efisien. Seperti menulis, menggambar, mendesain, bertransaksi dan masih banyak lagi dan lagi sisi positif dari teknologi. Saya akan ambil 3 point manfaat teknologi menurut saya.

1. Alat komunikasi / silaturahim
Kenapa alat komunikasi? Menurut saya hal ini yg paling utama dan pertama dari manfaat teknologi. Karena dengan adanya komunikasi yg lancar dan baik, iala berkat kemudahan teknologi, maka dari itu efisiensi kerja dan efektivitasnya akan stabil dan berjalan dengan cepat. Salah satu penemu teknologi komunikasi berupa telegraf electric ialah Samuel F. B. Morse. Yangg kita Morse atau ketika dbuat sandi yaitu sandi morse. Seiring berjalannya waktu teknologi komunikasi berkembang sangat pesat, yang tadinya berupa sandi tulisan berkembang menjadi suara. Ya itu adalah telepon penemunya ialah Alexander Graham Bell yg kita ketahui, namun penemu yg sebenarnya ialah Antonio Meucci salah seorang imigran Italia. Telepon kabel tersebut menghubungkan rumah ke rumah yg lain bahkan malah ke luar kota, smpai lintas negara. Saya sendiri dulu pernah merasakan atau memakai sendiri telepon kabel di pinggir jalan yang biayanya menggunakan koin 1rtus -5rtus rupiah. Zaman modern sekarang ini sudah lebih hebat lagi yakni penggunaan telepon genggam atau kita kenal dengan sebutan handphone, smartphone, iphone dll. Tentu saja penggunaan HP sangat penting di zaman sekarang ini. Tdk hanya kalangan pebisnis, yg tua dewasa, remaja bahkan anak-anak pun sekarang menggunakannya. Digunakan untuk berinteraksi intragolongan maupun antargolongan, sekedar say hai, menyapa, curhat, berbagi informasi, pengalaman hidup, dan juga gaya hidup. Ajang selfie wefie dan fotografi. Karena kecanggihan ini kita bisa mengenal orang lain juga berteman dengan cepat dan tepat, memahami kondisi secara aktual dan faktual. Musibah gempa, banjir, tanah longsor, tsunami, kebakaran, bahkan kejadian pembunuhan pun cepat terdengar kepada semua orang. Itulah Teknologi komunikasi.

2. Alat Integrasi / ukhuwah islamiyah
Setiap orang memiliki kehidupan masing2. Memiliki kebiasaan yg berbeda, mulai gaya hidup yg tradisional sampai gaya hidup yang modern. Adat istiadat yg tradisional maupun modern. Sifat dan sikap yg tradisional maupun yg modern. Di Indonesia yg teramat beragam budaya dan kepala yg penuh dengan masalahnya masing2. Teknologi dapat mempersatukan itu semua, teknologi dapat memperbaharui itu semua, teknologi dapat menyelaraskan itu semua, teknologi dapat memberi solusi terhadap masalah itu semua. Jangan sampai teknologi menjauhkan yg dekat, tp harus mendekatkan yg jauh dan lebih mendekatkan lagi yg dekat. Kita ambil contoh HP lagi lagi HP..HP sekarang alat teknologi yg mendunia jadi saya ambil sample nya HP saja. Dengan ada HP kita mengadakan rapat sekolah tdk hanya via tulisan saja mengundang bapak dan ibu guru tapi bisa kirim juga via WA atau SMS, mengundang guru2 untuk hadir. Yg tadinya guru tersebut kurang info karena tempat tinggalnya jauh, dengan adanya HP bisa tersampaikan surat undangan, tanpa waktu yg lama dan biaya yg mahal. (Tp lebih formal pakai surat) Surat undangan digital juga pun perlu utk menjaga supaya informasi cepat.
Dalam hal interaksi : antara orang sunda dengan orang jawa bisa saling berinteraksi, mengobrol jarak jauh via FB, saling me like dan mengomentari foto atau kegiatan dll. Jadi tidak terbatas masalah jarak dan waktu, anytime anywhere...
Teknologi juga bisa memberikan solusi. Solusi fisik ,mental/psikologi, ide/pemikiran,materi dll. Contoh solusi fisik : kalau kita sakit dan tdk punya uang untuk pergi ke dokter, kita bisa searching cara pengobatan alami dan tradisional ke mbah google. Contoh solusi psikis/mental mencakup masalah dengan orang lain. Kita bisa kasih emot smile, say hai, bersikap baik, memberikan status pm atau fb yg positif, berfoto bersama, atau makan dan ngopy bersama. Trust me its work. Jdi jangan ada saling dengki. Karena hidup itu maju tidaklah mundur. Seperti teknologi yg amat pesat maju tidak mundur. Dri tradisional - modern dari kebodohan - peradaban. Jadi teknologi harus kita imbangi dengan rasa husnudzon syukur, sabar, share and care dalam hal yg positif. Contoh ide/pemikiran. Yg tdnya mumet g dapet dapet ide. Searching di youtube dan alhasil idepun ada ketika kita melihat yg bermedia audio visual. Contoh materi/uang : sekarang kan ada ya bisnis online nah manfaatkan itu.

3. Alat aktualisasi diri
Manusia pada kodratnya membutuhkan yang namanya makan/minum, bertempat tinggal, mempunyai barang2 pribadi, dan bersosialisasi juga saling menyayangi satu sama lain.
Kalau kita bagi.
a. Primary need /kebutuhan primer
b. Secondary need /kebutuhan sekunder
c. Tersier need /kebutuhan mewah
d. Sosialisasi need /kebutuhan sosial
e. Security need / kebutuhan rasa aman
f. Love need / kebutuhan akan kasih sayang
g. Actualisasi need / kebutuhan menyalurkan bakat hobby dll yg dihargai oleh orang lain

Yg saya akan uraikan tidak akan dari yang di atas. Namun yg aktualisasi diri saja. Setiap orang punya bakat, kemampuan, keinginannya masing2 dan bakat tersebut perlu dihargai oleh orang lain. Seperti saya hobbinya menulis. Yg saya lakukan saat ini ialah mengaktualisasikan diri saya sendiri. Dan apakah mendapat apresiasi dari para pembaca atau tidak itu semua tergantung pada para pembaca sekalian. Dan aktualisasi yg lain pun tentunya harus kita hargai, seperti yang suka bermain sepak bola harus kita hargai. supaya apa? Supaya berkembang dan tumbuh menjadi pemain yg handal dan hebat itulah yang dinamakan sugesti dalam prestise/penghargaan. Yang suka kaligrafi juga sama, yg suka berbicara hal2 yang positif dan bermanfaat tentu itu harus kita hargai. Contoh mubaligh yang sedang menyampaikan perihal agama pastilah ada yg namanya mustami yg mendengarkan. Kita itu hidup harus mendengarkan pabila ingin didengarkan orang lain. Harus menghargai pabila ingin dihargai orang lain. Allah menciptakan dua telinga satu bibir itu karena kita harus selalu mendengarkan ketimbang banyak berbicara yg kurang/tidak baik.
Dikaitkan dengan teknologi. Teknologi sangat memahami hal ini, sangat berkontribusi akan hal ini pula. Kenapa? Karena dengan teknologi saya bisa menulis blog ini dan terbaca oleh para pembaca dimanapun dan kapanpun. Dengan teknologi para penceramah bisa berdakwah tidak hanya kepada para mustami di tempat dia brdakwah tapi juga bisa diakses lewat media televisi dan electronik lainnya. Dengan teknologi yang tadinya musuh jadi sahabat, tadinya kuper jadi hiper (dalam menimba informasi maksudnya).he

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari teknologi. Namun tidak dapat saya sampaikan seluruhnya, mungkin di lain kesempatan. Para pembaca yang budiman dan beriman dicukupkan sekian saja tulisan saya ini semoga berkenan dan ada manfaatnya. Selamat berkomunikasi/silaturahim, selamat berintegrasi/ukhuwah islamiyah, dan selamat mengaktulisasikan diri. Slamat berkreasi dan berinovasi..
Salam kebahagiaan dari saya

Alma Arif Iqbal Nurulhakim

0 komentar:

Posting Komentar

Wilujeng Sumping

 
;
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Sederhana Ini, Semoga Berkenan dan Ada Manfaatnya, bagi yang mau memasang iklan produknya di blog saya ini silahkan hubungi no HP : 085223419416, Terima Kasih dan Salam Kebahagiaan Dari Saya :)